Sabtu, 05 Februari 2011

Akibat minuman keras

Di Indonesia banyak sekali berbagai macam merk minuman keras yang beredar bebas di pasaran, baik di supermarket besar maupun di warung-warung kecil. Sebenarnya, Akibat Minuman Keras pada kesehatan sudah banyak diketahui orang. Tapi tetap ada saja konsumen yang mencari-cari minuman memabukkan yang satu ini.


Apakah Minuman Keras Itu?

Minuman keras atau yang juga sering disebut sebagai minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung zat etanol. Etanol sendiri adalah zat/bahan yang bila dikonsumsi akan menurunkan tingkat kesadaran konsumennya (mabuk).

Minuman keras ini akan menyerang saraf manusia dan merusaknya secara perlahan. Yang membuatnya lebih parah adalah minuman keras ini memiliki zat adiktif, yaitu zat yang apabila dikonsumsi (walau hanya sekali) akan membuat orang tersebut merasa ingin terus mengkonsumsinya (kecanduan) dan akhirnya malah merasa bergantung pada minuman keras.


Akibat Minuman Keras

Dari kandungan minuman yang tidak baik, Anda pasti sudah bisa mengira-ngira kerugian apa saja yang akan timbul apabila mengkonsumsinya. Efek paling berbahaya ditujukan pada kesehatan tubuh.


• Kerusakan saraf

Gangguan yang satu ini adalah yang paling banyak diderita oleh alkoholik (orang suka mengkonsumsi minuman keras). Karena minuman keras ini mengandung zat adiktif yang membuat ketagihan, seseorang yang meminumnya akan terus-menerus mengkonsumsinya.

Meminum minuman keras tidak hanya memabukkan, bila diminum secara rutin dalam jumlah yang banyak, minuman keras ini akan mulai mengganggu kinerja saraf otak lalu merusaknya secara perlahan.

Akibatnya, manusia akan hilang kesadaran, hilang keseimbangan dan akal sehatnya. Bahkan, jika diminum sampai over dosis, akan menyebabkan kematian.


• Gangguan jantung

Akibat minuman keras yang lain adalah gangguan jantung. Minuman keras punya kemampuan untuk merusak sel-sel tubuh, termasuk organ jantung. Akibatnya, kinerja jantung pun akan terganggu dan tidak optimal.

Gejala yang paling banyak dirasakan adalah detak jantung terasa cepat (berdebar-debar) dan saat jantung mulai melemah, dada akan terasa sesak, nafas juga seperti tersumbat. Hal ini bila dibiarkan terus-menerus akan menyebabkan kematian.


• Mengganggu metabolisme tubuh

Selain menggangu kinerja jantung, akibat minuman keras yang lain adalah mengganggu proses metabolisme tubuh. Salah satu organ yang paling banyak dirusak oleh minuman beralkohol ini adalah hati.

Sel-sel hati yang rusak akan membuat kinerja menurun. Bayangkan bila hati sampai rusak, sedangkan hati adalah organ yang fungsinya menyerap dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Bila rusak, tentu saja racun di dalam tubuh malah akan menyebar dan mengakibatkan kesehatan memburuk.


• Menyebabkan gangguan pada ibu hamil

Orang biasa saja tidak boleh meminum minuman beralkohol, apalagi seorang wanita yang tengah hamil. bila ibu hamil mengkonsumsi minuman ini, yang terjadi selanjutnya adalah bayinya akan lahir cacat.

Janin menerima nutrisi dari apa yang dimakan/diminum ibunya. Bila ibu hamil minum minuman keras, alkohol ini akan masuk ke dalam tubuh dan akhirnya ikut terserap oleh si janin. Alkohol ini akan merusak sel-sel janin yang masih muda, sehingga janin akan rusak dan terlahir cacat.


• Mengganggu fungsi reproduksi (seksual)

Akibat minuman keras yang satu ini juga banyak yang mengalaminya. Meminum minuman keras akan menyebabkan serangkaian gangguan seksual, misalnya turunnya gairah seks, atau impoten pada pria.


• Gangguan jiwa

Yang dimaksud gangguan jiwa bukan berarti menjadi gila, walau tidak menutup kemungkinan bahwa seorang alkoholik bisa saja menjadi tidak waras. Gangguan kejiwaan pada alkoholik adalah turunnya tingkat sosialisasi, mereka menjadi lebih pendiam, selalu ketakutan, gelisah tanpa sebab yang jelas, konsentrasi menurun, tingkat emosional meningkat dan mudah sekali tersinggung.


• Kemiskinan

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu akibat minuman keras adalah kemiskinan. Bagaimana tidak? Seseorang yang minum alkohol akan kecanduan, sehingga mau tak mau ia akan terus membeli minuman yang satu ini. Akibatnya, uang semakin menipis, sedangkan pekerjaannya mungkin akan terbengkalai sehingga ia tidak bisa menghasilkan uang. Ujung-ujungnya adalah ia menderita kemiskinan.

Itu adalah beberapa akibat minuman keras yang harus Anda ketahui. Jauhilah minuman keras, sayangi kesehatan tubuh dan masa depan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar